HMJ Tadris IPS Salurkan Donasi Berbagi Kasih Peduli Anak Yatim

Pewarta: Krisdayanti & Tiksna Apta Samoda | Editor: Diah Ayu Noviatul Fasa Nazira

TADRISIPSIAINPONOROGO, PONOROGO  – Dalam rangka meningkatkan kepedulian dan jiwa sosial kepada masyarakat, Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris IPS IAIN Ponorogo menggelar kegiatan Penyerahan Donasi Berbagi Kasih Peduli Anak Yatim , di Panti Mukti Wibawa dan Panti al-Amin, Ponorogo pada Senin (11/01/2021) ).

Kegiatan ini dilakukan dalam dua shift , yaitu shift pagi dan shift siang. Pada shiftpagi, diselenggarakan di Panti Mukti Wibawa, Desa Nailan, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo. Pada Panti pertama dihadiri oleh beberapa perwakilan dari HMJ Tadris IPS, perwakilan dari anak panti Mukti Wibawa, beserta Pihak Panti Mukti Wibawa. Kegiatan ini diawali dengan Ketua Panitia, Ketua HMJ Tadris IPS, dan Ketua Panti. Dalam singkatnya, Ketua Panti Mukti Wibawa menyampaikan “Selamat datang dan ucapan terima kasih atas kedatangan-rekan IPS ke Panti ini, kegiatan ini sangat membantu internal Panti sendiri terutama dibidang logistik serta dapat mengisi kegiatan yang bermanfaat untuk anak asuh kami. Semoga kegiatan ini dapat membawa serta keberkahan kepada kita semua serta apa yang diinginkan dan seluruh hajat kakak-kakak dari HMJ IPS bisa dikabulkan oleh Allah SWT, ”Ujarnya.

Acara selanjutnya diisi oleh ice breaking . Pengisi Ice Breaking kali ini adalah dari kakak-kakak HMJ Tadris IPS berupa permainan yang dapat memberikan kecerian kepada anak-anak panti, seperti permainan tebak-tebakkan, menyanyi bersama. Tak lupa disela-disela permainan tersebut ada doorprize yang diberikan kepada yang berani ikut andil dalam permainan tersebut.

Setelah keceriaan-keceriaan dihadirkan, acara berikutnya adalah sosialisasi kesehatan. Melihat kondisi sekarang, dunia khususnya Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19. Melihat itu semua, sangat perlu untuk diselipkan sebuah edukasi terkait menaikan imunitas tubuh agar semua dapat terhindar dari segala macam penyakit.

Setelah kegiatan di pagi hari dilalui dengan lancar, seluruh panitia pindah ke basecamp HMJ di rumah Khofifah (Jetis, Ponorogo) untuk beristirahat dan mempersiapkan kegiatan di waktu sore di panti kedua. Setelah persiapan selesau, seluruh panitia berangkat ke lokasi kedua di Panti Anak Yatim Al-Amin Mlarak, Ponorogo. Kali ini seluruh anggota HMJ Tadris IPS turut andil dalam menyukseskan acara berbagi kasih ini. Selain anggota HMJ Tadris IPS tentunya yang turut berpartisipasi dalam acara ini yaitu anak panti sendiri, pengurus panti dan jajarannya. Acara yang pertama yaitu sambutan dari ketua panitia, sambutan ketua HMJ, dan sambutan perwakilan dari pengurus panti.

Ketua Panitia Berbagi Kasih Afif Zaki Mukhlishon, mengatakan bahwa “Kegiatan ini merupakan sebuah cara untuk meningkatkan daya berbagi kepada sesama, khususnya untuk warga IPS IAIN Ponorogo. Saya ucapkan terimakasih kepada kedua panti yang telah memberikan ruang kepada kami untuk memberikan ruang untuk bertatap muka di kedua panti tersebut, semoga acara ini dapat membawa keridhoan dan keberkahaan oleh Allah SWT,” Ujar Zaki.

Ketua Panti Asuhan Al-Amin Didi Mawardi, mengungkapkan “Panti Anak Yatim al-Amin merupakan panti tertua se-Ponorogo, anggota atau anak asuh saat ini sekitar 57, ada lima belas anak yang mukim. Kami ucapkan terimakasih dan semoga kakak HMJ dapat dilancarkan dalam menuntut ilmu untuk kedepannya,” Kata Didi.

Setelah sambutan-sambutan dan di tutup doa oleh pengurus panti kita lanjutkan sesi foto bersama dan tidak lupa selalu menerapkan protokol kesehatan, setelah itu di lanjutkan sesi ice breaking sembari menunggu hujan reda. Ada berbagai macam permainan yang kakak-kakak HMJ berikan seperti sambung ayat, nyanyi dan juga tebak-tebakkan, tentunya ada doorprize untuk mereka yang berani maju dan menunjukkan kecerdasan dan bakatnya mereka saat tampil di depan umum, semangat mereka sangat luar biasa sehingga rasa lelah kami tidak lagi terasa. Waktu sudah semakin sore dan acara kami akhiri, kali ini ditutup dengan menyanyikan lagu sayonara beserta sholawat burdah.

Alhamdulillah acara kali ini berjalan lancar dari sesi pagi sampai sesi sore, ternyata berbagi itu indah sedikit senyum simpul dari mereka menghadirkan banyak rasa syukur untuk kami, semoga apa yang kami lakukan kali ini dapat membantu mereka, dapat bermanfaat bagi mereka dan tentunya untuk kami juga , kami ucapkan terimakasih untuk semua yang turut andil dalam acara ini. Senyum Yatim, Kepedulian Kita, Kebahagiaan Mereka. (*)

#IAINPONOROGO

#TADRISIPSIAINPONOROGO

#HMJIPSIAINPONOROGO

#BERBAGIKASIH