Search
Close this search box.

Tingkatkan Publikasi dengan Bentuk Konsorsium Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Membangun jaringan peneliti yang kuat merupakan langkah penting dalam memperkuat kerjasama dan meningkatkan jumlah publikasi. Saat ini, Program Studi Tadris IPS sedang fokus untuk meningkatkan publikasi, terutama bagi dosen yang mendapatkan dana riset DIPA atau dari Litabdimas. Para peneliti dituntut untuk mampu menerbitkan artikel dalam jurnal-jurnal yang diakui baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal serupa juga berlaku dalam bidang pengabdian masyarakat, di mana tujuannya adalah menghasilkan publikasi ilmiah yang terdokumentasikan dalam jurnal-jurnal yang memiliki reputasi yang baik.

Selain menekankan pentingnya publikasi, dalam pertemuan tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo, Dr. H. Moh. Munir, Lc., M.Ag., juga menyoroti pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam setiap kegiatan dosen Tadris IPS. Langkah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa saat mereka terlibat langsung dalam kegiatan lapangan yang sesuai dengan bidang keahlian mereka.

Dalam kegiatan ini, para penerima hibah bantuan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diminta untuk selalu merujuk pada roadmap program studi Tadris IPS atau panduan yang telah ditetapkan oleh pihak program studi. Kesesuaian tema penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya bagi dosen Tadris IPS FTIK IAIN Ponorogo, diharapkan dapat menjadi bukti konkrit dari implementasi Visi dan Misi program studi tersebut.

Pada akhirnya, pengelompokan bidang keahlian dosen dalam konsorsium ilmiah ini menjadi langkah awal dalam memetakan keahlian yang dimiliki oleh dosen di lingkungan FTIK IAIN Ponorogo. Data ini akan menjadi dasar untuk kegiatan berkelanjutan dalam upaya memberikan kontribusi yang nyata dari kalangan dosen melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Postingan Terkait