Search
Close this search box.

Tadris IPS IAIN Ponorogo Gelar Pelatihan Riset Mahasiswa Intensif guna Meningkatan Kompetensi Penelitian

TADRIS IPS IAIN PONOROGO, 19 Juni 2022 — TADRIS IPS mengadakan pelatihan riset intensif untuk mahasiswa, dengan fokus pada pengenalan teori dan metodologi penelitian yang lebih mendalam. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang penelitian, sesuai dengan standar penelitian yang ditetapkan oleh institusi.

Pelatihan ini diisi langsung oleh Ketua Jurusan Tadris IPS Arif Rahman Hakim. M.Pd. dan diikuti oleh mahasiswa Tadris IPS. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Tadris IPS Arif Rahman Hakim. M.Pd., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Tadris IPS untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di dunia akademik dan profesional.

“Kami ingin memastikan bahwa mahasiswa kami tidak hanya memahami teori dasar penelitian, tetapi juga mampu menerapkan metodologi penelitian secara tepat dan efektif. Ini adalah langkah penting untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas tinggi dan relevan,” ujar Arif Rahman Hakim. M.Pd.

Pelatihan ini mencakup berbagai materi penting, seperti pengenalan dasar-dasar teori penelitian, teknik pengumpulan data, analisis statistik, serta penggunaan perangkat lunak pendukung penelitian. Selain itu, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk berlatih menyusun proposal penelitian dan mempresentasikan hasil temuan mereka.

Para peserta pelatihan mengaku sangat antusias dan merasa mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. “Pelatihan ini sangat membantu kami dalam memahami proses penelitian dari awal hingga akhir. Kami jadi lebih siap untuk melakukan penelitian yang lebih serius dan berkualitas,” kata Hafizah, salah satu mahasiswa Tadris IPS.

Ketua Jurusan Tadris IPS Arif Rahman Hakim. M.Pd. berharap bahwa melalui pelatihan ini, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan riset mereka dan berkontribusi lebih banyak dalam dunia penelitian, baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan standar penelitian yang tinggi, diharapkan hasil-hasil penelitian dari mahasiswa Tadris IPS dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Postingan Terkait