Search
Close this search box.

Tadris IPS Gelar Rapat Penyusunan RPS MBKM Berbasis OBE Dalam Rangka Mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

16 Desember 2022, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo mengadakan rapat penting yang bertujuan untuk menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berbasis Outcome-Based Education (OBE) dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Rapat ini dihadiri oleh para dosen Tadris IPS, dekan, serta dosen-dosen lain dari beberapa fakultas.

tujuan diselenggarakannya rapat RPS MBKM ini untuk merancang kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan dunia kerja dan perkembangan zaman. dengan pendekatan OBE, para mahasiswa diharapkan dapat mencapai kompetensi yang jelas dan terukur, sesuai dengan standar industri dan kebutuhan masyarakat. Selain itu RPS MBKM berbasis OBE dapat memberikan fleksibilitas kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi mereka, serta mengikuti berbagai kegiatan di luar kampus seperti magang, penelitian, dan proyek kemanusiaan. Hal ini sejalan dengan semangat MBKM yang ingin menciptakan lulusan yang adaptif, kreatif, dan inovatif. 

Dalam sambutan pembukaannya, Kajur Tadris IPS, Arif Rahman Hakim, M.Pd, menekankan pentingnya pendekatan OBE dalam meningkatkan kualitas pendidikan. “Dengan OBE, kita tidak hanya fokus pada pengajaran materi, tetapi juga pada hasil akhir yang diharapkan dari pembelajaran tersebut. Mahasiswa harus dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat,” kata Kajur.

Dengan diselenggarakannya rapat penyusunan RPS MBKM berbasis OBE ini, Tadris IPS menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi yang mempersiapkan lulusan yang siap bersaing di era global. Langkah ini diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan dalam sistem pendidikan di Indonesia, sekaligus dapat menjadikan mahasiswa lebih adaptif, kreatif dan inovatif.

Postingan Terkait