Search
Close this search box.

Tadris IPS bersama Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan selenggarakan sosialisasi pembekalan penulisan skripsi

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan efektivitas penulisan skripsi, Tadris IPS bersama Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengadakan sosialisasi penulisan skripsi yang diselenggarakan di pada tanggal 7 November 2023 dengan tujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Sosialisasi ini menekankan pentingnya pengajuan judul skripsi sejak semester 6, penyusunan proposal yang sesuai dengan mata kuliah metode penelitian, bimbingan intensif, serta pelaksanaan coaching untuk pembekalan skripsi.

Para mahasiswa didorong untuk mulai mengajukan judul skripsi sejak semester 6. Langkah ini diharapkan dapat memberikan waktu yang cukup bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian awal, memperdalam pemahaman mereka mengenai topik yang dipilih, dan memperoleh masukan yang konstruktif dari dosen pembimbing. Wakil Dekan I FTIK, Dr. H. Moch. Miftachul Choiri, M.A. menekankan, “Dengan pengajuan judul lebih awal, mahasiswa memiliki kesempatan lebih besar untuk menyusun skripsi yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.”

Sosialisasi ini juga menekankan pentingnya penyusunan proposal skripsi yang sesuai dengan mata kuliah metode penelitian yang telah diambil oleh mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa mahasiswa mampu menerapkan metode penelitian yang tepat dalam penulisan skripsi mereka. “Mata kuliah metode penelitian merupakan dasar penting dalam penulisan skripsi. Mahasiswa harus mampu mengintegrasikan teori dan praktik yang telah mereka pelajari,” ujar Arif Rahman Hakim. M.Pd

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan juga berkomitmen untuk melakukan bimbingan skripsi secara intensif. Setiap mahasiswa akan mendapatkan jadwal bimbingan yang teratur dengan dosen pembimbing masing-masing. Program ini dirancang untuk memastikan bahwa setiap tahap penulisan skripsi mendapatkan perhatian dan arahan yang memadai. 

Selain itu, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan juga mengadakan sesi coaching untuk pembekalan skripsi. Coaching ini melibatkan berbagai narasumber yang berpengalaman dalam bidang penelitian dan penulisan akademik. Melalui sesi ini, mahasiswa akan mendapatkan tips dan trik dalam menulis skripsi yang efektif serta bagaimana menghadapi ujian skripsi. “Coaching ini sangat membantu dalam mempersiapkan mental dan teknis mahasiswa menghadapi proses penulisan dan sidang skripsi,” jelas H. Moch. Miftachul Choiri, M.A.

Dengan berbagai upaya ini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan berharap dapat meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa serta mempersiapkan mereka dengan lebih baik untuk menyelesaikan studi mereka. Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan semua fasilitas dan program yang disediakan agar dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

Postingan Terkait