Search
Close this search box.

Sosialisasi Pemahaman Kurikulum Prodi Tadris IPS guna Mengoptimalkan Proses Belajar Mengajar

Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Ponorogo mengadakan sosialisasi pemahaman kurikulum baru guna meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran. Acara yang berlangsung di Gd. Indrakila Lt. 3 kampus 1 IAIN Ponorogo pada 20 November 2023 ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa T IPS IAIN Ponorogo.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Tadris IPS, Arif Rahman Hakim. M.Pd, menyampaikan pentingnya pemahaman yang komprehensif terhadap kurikulum baru. “Kurikulum ini dirancang untuk menghadapi tantangan zaman, dengan memadukan teori dan praktik yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan sosial saat ini,” ujarnya. Beliau menekankan bahwa kurikulum baru ini tidak hanya berfokus pada pengetahuan teoritis, tetapi juga pada keterampilan praktis yang dapat diaplikasikan langsung di lapangan.

Dalam sosialisasi ini Ketua Program Studi Tadris IPS, Arif Rahman Hakim. M.Pd., memaparkan konsep-konsep dasar dan tujuan utama dari kurikulum baru ini, serta dijelaskan juga bahwa kurikulum Tadris IPS yang baru berorientasi pada pengembangan kompetensi peserta didik, baik dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Selain itu, beliau juga memberikan wawasan mengenai implementasi kurikulum di kelas. Disebutkan bahwa pendekatan pembelajaran yang berbasis proyek dan penelitian sangat ditekankan dalam kurikulum ini. “Peserta didik akan diajak untuk terlibat aktif dalam proyek-proyek penelitian yang relevan dengan isu-isu sosial kontemporer,” ungkapnya. Hal ini diharapkan dapat melatih mahasiswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari solusi atas permasalahan sosial yang ada di masyarakat.

Para peserta sosialisasi terlihat antusias dan aktif berdiskusi dengan narasumber. Salah satu mahasiswa, Fauly Awina mengungkapkan bahwa sosialisasi ini sangat bermanfaat. “Kami jadi lebih memahami arah dan tujuan dari kurikulum baru ini, serta bagaimana kami bisa berkontribusi lebih baik dalam proses pembelajaran,” ujarnya.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh dosen dan mahasiswa dapat mengimplementasikan kurikulum baru dengan baik dan optimal, sehingga dapat mencetak lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja di bidang ilmu pengetahuan sosial. 

“Ini adalah langkah awal yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di PS Tadris IPS. Kami berharap semua pihak dapat bekerjasama dalam mengimplementasikan kurikulum ini demi kemajuan bersama,” tutup Ketua Program Studi Tadris IPS, Arif Rahman Hakim. M.Pd., dalam pernyataannya.

Postingan Terkait