Search
Close this search box.

Review Kurikulum IPS Bersama Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.

Ponorogo, 11 Februari 2023 – Tadris IPS IAIN Ponorogo menyelenggarakan kegiatan review kurikulum yang dipimpin oleh Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D. Acara ini bertujuan untuk memastikan kurikulum yang diterapkan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan dunia kerja saat ini.

Dalam pembahasan tersebut, Prof. Nasution memberikan pandangannya mengenai pentingnya kurikulum yang adaptif dan inovatif dalam menjawab tantangan pendidikan di era modern. “Kurikulum yang baik harus mampu mengakomodasi perubahan yang cepat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, kurikulum juga harus bisa membekali mahasiswa dengan keterampilan yang relevan dan dibutuhkan di dunia kerja,” ujar Prof. Nasution.

Beliau juga menyoroti pentingnya integrasi antara teori dan praktik dalam pembelajaran IPS. Menurutnya, mahasiswa harus diberi kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh di kelas melalui kegiatan praktikum, magang, dan penelitian lapangan.

Dalam sesi diskusi, para dosen Tadris IPS memberikan masukan dan saran terkait pembaruan kurikulum. Beberapa poin penting yang dibahas antara lain penambahan mata kuliah yang relevan dengan isu-isu kontemporer, peningkatan kualitas pengajaran, serta pengembangan metode evaluasi yang lebih komprehensif.

Ketua Jurusan Tadris IPS, Arif Rahman Hakim, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan review kurikulum ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di IAIN Ponorogo. “Kami berkomitmen untuk selalu memperbarui kurikulum agar tetap relevan dan berkualitas. Masukan dari Prof. Nasution sangat berharga dalam proses ini,” ungkap Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Acara ini ditutup dengan kesimpulan dan rekomendasi dari Prof. Nasution, yang menekankan pentingnya kolaborasi antara semua pihak dalam pengembangan kurikulum. Beliau juga mengapresiasi langkah yang diambil oleh Jurusan Tadris IPS IAIN Ponorogo dalam menjaga kualitas pendidikan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan kurikulum Tadris IPS IAIN Ponorogo dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata dalam mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja. Jurusan Tadris IPS berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan perbaikan demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Postingan Terkait