Search
Close this search box.

RAPAT KERJA NASIONAL (RAKERNAS) ALIANSI MAHASISWA PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SELURUH INDONESIA 2023

ALMAPIPSI (Aliansi Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Seluruh Indonesia) merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa IPS dalam berorganisasi di tingkat nasional. ALMAPIPSI dalam satu periode mengadendakan RAKERNAS (Rapat Kerja Nasional) dan MUNAS (Musyawarah Nasional). Dalam periode tahun ini, RAKERNAS dilaksanakan pada tanggal 12-13 Agustus 2023 di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan tema “Membangun Transformasi Sosial melalui Pendidikan IPS : Kolaborasi, Inovasi, dan Pemimpin Masa Depan”. Acara dihadiri oleh perwakilan dari 36 kampus yang terbagi menjadi lima wilayah.

Diantaranya Wilayah Satu (Seluruh Pulau Sumatera) yang terdiri dari IAIN Metro Lampung , IAIN Jambi, UIN Sumatera Utara, Universitas Bengkulu, Univ. Pasir Pengaraian Riau, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Wilayah Dua  (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat) yang terdiri dari Universitas Negeri Jakarta UNJ, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Universitas Pendidikan Indonesia UPI, Universitas Baleendah Bandung UNIBBA,Institut Pendidikan Indonesiaa Garut (IPI Garut),  IAI Tazkia Bogor, Universitas Pelita Harapan. Wilayah Tiga (Yogyakarta, Jawa Tengah) Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas negeri Semarang,  IAIN Kudus. Wilayah Empat (Jawa Timur Dan Bali) yang terdiri dari UIN Tulung Agung, UIN KHAS Jember,  IAIN Ponorogo, IAIN Madura, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Raden Saleh, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, UNZAH Probolinggo dan Wilayah Lima (Kalimantan dan Sulawesi) yang terdiri dari Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Tanjungpura, Universitas Negeri Makasar, Universitas Negeri Manado, Universitas Palangkaraya, Universitas Halu Oleo, Universitas Tadulako, IAIN Pare-pare, Universitas Ilam Negeri MATARAM, Universitas Islam Negeri Datokrama Palu.

Dalam kegiatan RAKERNAS Tahun ini, diselenggarakan dengan rangkaian acara, diantaranya: Rapat Kerja Nasional, Sarasehan dan City Tour. Rapat Kerja Nasional yang terdiri dari lima Sidang Pleno. Sidang pleno pertama membahas dan menetapkan tata tertib persidangan RAKERNAS ALMAPIPSI. Sidang pleno kedua membahas tentang sosialisasi AD/ART, Sidang Pleno ketiga membahas tentang Pembahasan Program Kerja (presentasi dan dibuka sesi tanya jawab), Sidang empat Pembahasan GBHK dan Sidang kelima Pengesahan, yang meliputi : program kerja, rekomendasi, dan pengesahan SK Kepengurusan. Setelah itu momentum sarasehan yang menghadirkan demisioner kepengurusan ALMAPIPSI 2022/2023 untuk shareing mengenai kepengurusan sebelumnya dan pengalaman selama berkegiatan di ALMAPIPSI

Kemudian untuk mengenal Cirebon lebih lanjut, terdapat kegiatan City Tour. Dalam acara city tour peseta ALMAPIPSI diajak berkeliling Kota Cirebon seperti Keraton Kacirebonan, Museum Kasepuhan Keraton serta melihat ragam budaya dan wisata yang ada di Cirebon.

Postingan Terkait