Search
Close this search box.

Program Kuliah Pengabdian Masyarakat Internasional : Kerja Sama IAIN Ponorogo dan Madrasah Uthmaniah ABIM Penang Malaysia

KPM merupakan suatu bentuk kegiatan yang memadukan darma pendidikan dan penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dalam satu kegiatan. Sebagai kegiatan penelitian, KPM mengajak mahasiswa untuk ikut mengamati, menelaah/menganalisis, menarik kesimpulan dari data kondisi dan situasi wilayah kerja yang dikumpulkannya, kemudian merumuskan permasalahan yang dihadapi, lalu mengambil keputusan untuk pemecahan/penanggulangannya dari berbagai alternatif yang ada sesuai kondisi wilayah kerja dan kemampuannya. Program Kuliah Pengabdian Masyarakat bertujuan agar mahasiswa mampu berbaur dengan masyarakat dan mampu mengimplementasikan pengalaman akademik. Program KPM di IAIN Ponorogo yang di handle langsung oleh LPPM IAIN Ponorogo memiliki beberapa jenis program salah satunya KPM Internasional.

KPM Internasional tahun 2023 adalah bentuk kerja sama antara IAIN Ponorogo dengan Madrasah Uthmaniah ABIM Penang Malaysia. Kerja sama tersebut melibatkan 12 orang mahasiswa dan 1 dosen pembimbing lapangan yang ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Ustadz Fadzil selaku Mudhir Madrasah Uthmaniah dan Bapak Dr. Kharisul Wathoni, S.Ag, M.Pd.I selaku DPL Program KPM Internasional di Madrasah Uthmaniah.  Kegiatan ini berlangsung selama 28 hari, dan memiliki beberapa agenda kegiatan di dalamnya, karena program tersebut adalah program kerja sama maka seluruh anggaran dalam kegiatan juga melibatkan kedua pihak antara IAIN Ponorogo dengan Madrasah Uthmaniah ABIM. Selama melaksanakan program KPM Internasional, mahasiswa mendapatkan tempat tinggal dari pihak Madrasah Uthmaniah, tempat tinggal tersebut di bagi menjadi beberapa tempat sehingga 12 mahasiswa yang terlibat di pecah menjadi beberapa kelompok. Tempat tinggal yang mereka dapat berupa asrama dan basecamp.

Selain mendapatkan fasilitas tempat tinggal, mahasiswa IAIN Ponorogo juga mendapatkan makan siang gratis. Hal ini terjadi karena terdapat salah satu kegiatan yakni “Khidmat Madrasah Uthmaniah” yang merupakan pengabdian mengajar di Madrasah Uthmaniah oleh mahasiswa IAIN Ponorogo, sehingga mendapatan makan siang di lokasi pengabdian. Hal ini juga sangat berpengaruh dalam kelangsungan hidup peserta KPM Internasional, karena mahasiswa dapat meminimalisir pengeluaran selama melakukan pegabdian di sana. Selain itu, saat akhir pekan pihak Madrasah Uthmaniah juga mengajak mahasiswa untuk melakukan pengabdian lainnya sekaligus berlibur dan mencoba hal-hal baru selama program berlangsung.

Dengan adanya bentuk kerja sama tersebut, tentu saja memberikan dampak yang baik dari kedua pihak terutama kepada para mahasiswa yang terlibat, harapannya semoga bentuk kerja sama antara IAIN Ponorogo dan Madrasah Uthmaniah ABIM Penang Malaysia tetap terjalin dan memberikan kebermanfaatan kepada pihak yang terlibat.

Postingan Terkait