Search
Close this search box.

Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Jurusan Tadris IPS

Jum’at, 23 Februari 2024 Aula Indrakila Lt. 03 Gedung B acara diawalai dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan Tadris IPS Arif Rahman Hakim. M.Pd., FTIK IAIN Ponorogo. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan- harapan yang diinginkan yaitu agar mahasiswa Tadris IPS yang produktif menulis dan menerbitkan di jurnal ilmiah. Beliau juga memberikan wawasan tentang pentingnya penulisan ilmiah dan manfaat untuk mahasiswa.

Pemateri beliau adalah Dr. Ana Maghfiroh, S.Pd. M.Pd.B.I., memberikan substansi materi “bahwa menulis artikel itu mudah”. Setiap jurnal memiliki aturan dan template yang akan diikuti oleh mereka yang ingin menerbitkan artikel di jurnal. Cara menemukan ide atau masalah untuk diangkat menjadi permasalahan dalam jurnal:

  1. Dimulai dari minat kita : apa minat kita yang dapat dijadikan topik permasalahan
  2. Dimulai dari permasalahan riil disekitar kita : masalah nyata apa yang sedang terjadi disekitar kamu
  3. Dimulai dari yang sedang tren : topik apa yang sedang tren saat ini

Prinsip yang digunakan untuk membuat sebuah topik untk membuat jurnal adalah menggabungkan 2 variabel masalah dalam tema atau judul harus memuat CCTE:

  1. Change : transformasi atau perubahanControvercy : perbedaan atau konflik
  2. Trend : peningkatan atau penurunan
  3. Emergency :darurat atau krusial

beliau juga memberikan trik menulis yang mudah jika, pendahuluan cukup 4 paragraf, dan dalam 1 paragraf cukup 4 kalimat pertama yang menunjukkan kata-kata penulis. Menulis artikel dapat dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi, seperti VOSviewer, mendeley, zotero, dan sebagainya.

Postingan Terkait