TUJUAN |
STRATEGI | 2022
(base line) |
2023 | 2024 |
2025 |
Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial yang berbudaya dan berkarakter Islami | Melakukan Penyesuaian rumusan capaian pembelajaran
lulusan (CPL) dengan profil lulusan Prodi TIPS |
40% |
60% | 80% |
100% |
Memperbanyak Program peningkatan kompetensi akademik mahasiswa dalam bentuk kegiatan di luar kampus baik di level nasional maupun internasional |
2 |
4 |
4 |
4 |
|
Membuat program kerjasama MBKM dengan lembaga lain dengan orientasi pendidikan, penelitian, dan PkM |
Perencanaan |
Penetapan | Pelaksanaan |
Pelaksanaan |
|
Menghasilkan Lulusan yang Kompeten dalam Pemanfaatan teknologi sebagai Sumber belajar dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran Ilmu pengetahuan sosial | Mendorong dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan
pembelajaran berbasis teknologi (elearning) dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan |
35% |
50% | 75% |
75% |
Mendorong dosen pengampu matakuliah untuk mencantumkan produk berbasis teknologi internet sebagai outcome dalam pembelajaran yang dilaksanakannya |
10% |
40% | 60% |
60% |
|
Memfasilitasi dosen dalam meningkatkan kapasitas diri terkait pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran |
1 |
2 | 2 |
2 |
|
Menghasilkan produk dan publikasi akademik melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Tadris IPS | Membuat program peningkatan kapasitas dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang layak dipublikasikan pada jurnal bereputasi nasional maupun internasional |
1 |
1 | 2 |
2 |
Mendorong pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis projek dengan hasil akhir terpublikasi di tingkat nasional atau internasional |
3 |
5 | 10 |
10 |
|
Memberi insentif kepada dosen dan mahasiswa yang berhasil mempublikasikan hasil penelitian atau pengabdiannya dalam jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional |
2 |
4 | 4 |
4 |
|
Menghasilkan lulusan tadris IPS yang mandiri bertanggung jawab dan memiliki kepedulian sosial serta mampu memecahkan masalah-masalah sosial di masyarakat | Memperluas cakupan kerjasama dengan lembaga pendidikan dan lembaga sosial masyarakat dengan melibatkan mahasiswa dalam bentuk workshop, pelatihan, dan pendampingan |
3 |
5 | 6 |
6 |
Mendorong pelaksanaan pembelajaran yang mengintegrasikan belajar dan mengabdi dengan menggunakan metode pembelajaran service learning |
5% |
5% | 10% |
10% |
|
Menciptakan kegiatan diluar akademik untuk pengembangan kemandirian mahasiswa dalam bentuk workshop atau ekspo kewirausahaan bagi mahasiswa |
2 |
2 | 4 |
4 |