Search
Close this search box.

Internasionalisasi Pendidikan: Tadris IPS FTIK IAIN Ponorogo Gelar Kuliah Tamu Internasional Bertema “Confucian Discipline: Strategies for Teaching History and Culture in China’s Education System”

Pada tanggal 28 Juni 2024, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Ponorogo menyelenggarakan kegiatan International Guest Lecture dengan tema “Confucian Discipline: Strategies for Teaching History and Culture in China’s Education System”. Acara ini menghadirkan Tao Niam, M.Tesol, seorang dosen di School of Law and Business, Hubei University of Economics, China, sebagai narasumber, dan dimoderatori oleh Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan pembuka oleh Ketua Jurusan Tadris IPS, Bapak Arif Rahman Hakim, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Jurusan Tadris IPS sudah mulai mengarah pada kegiatan bertaraf internasional. Beliau juga menekankan manfaat acara ini dalam tiga aspek utama: belajar mengenai nilai, etika, dan budaya dalam pendidikan di Cina; mempelajari budaya dan sejarah Cina sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia; serta memperluas jaringan antara IAIN Ponorogo dengan kampus-kampus lainnya di tingkat internasional.

Tao Niam, yang akrab dipanggil Nana, menyampaikan materi yang sangat menarik tentang strategi pengajaran sejarah dan budaya dalam sistem pendidikan Cina dengan pendekatan disiplin Konfusianisme. Dalam presentasinya, Nana membahas konsep-konsep dasar budaya, seperti definisi budaya yang mencakup kehidupan material, sosial, dan spiritual, serta pentingnya memahami dan menghargai perbedaan budaya​.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, di mana audiens yang terdiri dari mahasiswa Tadris IPS, dosen, serta mahasiswa dari jurusan lain baik dari IAIN Ponorogo maupun perguruan tinggi lainnya, sangat antusias mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan narasumber.

Kegiatan ini bukan hanya menjadi wadah untuk belajar dan berdiskusi, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkuat jaringan akademik dan kolaborasi internasional yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di IAIN Ponorogo.

Postingan Terkait