Search
Close this search box.

Pemberdayaan Nilai Kebangsaan dan Pancasila dalam Pembelajaran Daring melalui FGD IOS: Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Ponorogo, 17 November 2021 – Dalam upaya memperkuat wawasan kebangsaan dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila di kalangan mahasiswa, Konsorsium Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pemberdayaan Nilai Kebangsaan dan Pancasila dalam Pembelajaran Daring.” Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan melibatkan kolaborasi aktif antara dosen dan mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

FGD ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai wawasan kebangsaan serta membantu mereka mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran daring. Dalam diskusi yang berlangsung dinamis, berbagai perspektif dan pengalaman dibagikan, menciptakan suasana dialog yang konstruktif dan edukatif.

Nastiti Mufidah, M.Pd, salah satu dosen yang terlibat, menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai kebangsaan dalam pendidikan. “Melalui FGD ini, kami berharap mahasiswa tidak hanya memahami konsep-konsep kebangsaan dan Pancasila, tetapi juga mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks pembelajaran daring,” ujarnya.

Sementara itu, mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan ini menyambut positif inisiatif tersebut. Mereka merasa mendapatkan wawasan baru serta termotivasi untuk lebih aktif menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan akademik maupun non-akademik

Dengan diadakannya FGD ini, Konsorsium Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial berharap dapat menciptakan generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan yang kuat serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan.

Postingan Terkait