Mahasiswa Tadris IPS Angkatan 2020 Adakan Tasyakuran dan Temu Kangen

TADRISIPSIAINPONOROGO, PONOROGO – Dalam rangka menyambung silaturahmi dan meningkatkan keakraban, Mahasiswa Tadris IPS IAIN Ponorogo angkatan 2020 menggelar kegiatan Tasyakuran dan Temu Kangen di Rumah Meryyana, Sukorejo, Ponorogo pada Kamis (07/01/2021).

Suasana Tasyakuran dan Temu Kangen Mahasiswa Tadris IPS IAIN Ponorogo angkatan 2020. (Foto: Diah Ayu Noviatul Fasa Nazira)

Pewarta: Dewi Rahayu |Editor: Afif Zaki Mukhlishon

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa Tadris IPS Angkatan 2020, HMJ Tadris IPS, dan Bapak Kaprodi. Acara Pembukaan dipimpin langsung oleh Bapak Kaprodi, M. Widda Djuhan S.Ag., M.Si. Yang mana seperti biasanya selalu diawali dengan sambutan dan sedikit ceramah kepada mahasiswa. Kemudian masuk acara inti, yaitu pembacaan tahlil dan yasin serta do’a bersama agar semuanya dapat diberikan kebaikan oleh Allah SWT. Setelah itu dilanjut acara sarasehan dan makan bersama. Acara sarasehan ini di isi oleh HMJ Tadris IPS sebagai bentuk pengenalan lebih dalam mengenai HMJ dan untuk menjalin keakraban.

Mengundang HMJ sebagai pengisi sarasehan juga di harapkan mampu memberikan pemahaman lebih dalam dan memberikan bekal Tadris IPS 2020 kedepannya dalam ikut serta berpartisipasi dan menarik minat angkatan 2020 agar nanti bersedia berbaur dan masuk dalam kepengurusan HMJ.

Disamping kegiatan perkuliahan daring, mahasiswa IPS masih aktif dalam kegiatan spiritual dan juga kebersamaan seperti kegiatan temu kangen ini. Kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur atas segala pencapaian dalam proses pembelajaran pada semester ganjil. Pada umumnya,  mahasiswa melakukan kunjungan ke tempat wisata untuk merayakan liburan, tetapi kali ini mahasiswa IPS memilih untuk menggelar kegiatan temu kangen untuk mempererat silaturahmi dan keakraban dalam bingkai spiritual keagamaan.

Bapak Kaprodi, M. Widda Djuhan S.Ag., M.Si saat memberikan sambutan dan wejangan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan jiwa kekeluargaan dan keilmuan para mahasiswa. “Semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi diri mahasiswa serta orang lain. Yang terpenting adalah jangan cuma memikirkan diri sendiri, fikiran orang lain juga karena kita adalah makhluk sosial. Sebagaimana dalam hadits, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya,” Kata Kaprodi.

“Ketika kita berbuat baik kepada orang lain maka manfaatnya akan kembali lagi ke kita. selanjutnya, ketika akan melakukan suatu perbuatan baik niatilah terlebih dahulu, yang mana niat mencari ridho Allah SWT dan diikuti dengan keikhlasan hati. Silahkan kalian berbuat baik kepada siapa saja dan kapan saja serta dimana saja. Semua perbuatan tergantung pada niat,” Imbuhnya.

Ketua Pelaksana Sifyan Almustafid mengatakan, “Tujuan dari acara ini yaitu sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kelancaran dalam pembelajaran dan pelaksanaan ujian, serta menambah keakraban angakatan 2020 yang mana sejak awal masuk perkulian di lakukan secara online, sehingga dirasa perlu mengadakan kegiatan yang dapat menumbuhkan keakraban dan di harapkan mampu memupuk jiwa sosial Tadris IPS angkatan 2020,” Kata Sifyan.

Mengingat Indonesia masih dalam kondisi Pandemi, maka para seluruh orang yang hadir tetap melakukan protokol kesehatan yang bertujuan untuk saling menjaga satu sama lain. “Semoga Pandemi ini segera usai dan kita bisa menjalani aktivitas perkuliahan tatap muka dengan nyaman,” Tambahnya.(*)

#IAINPONOROGO
#TADRISIPSIAINPONOROGO
#HMJIPSIAINPONOROGO
#TADRISIPS2020