Webinar Nasional IPS : Meningkatkan Kemampuan Kreatif, Inovatif, dan Progresif dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Sosial

Pewarta: Tiksna Apta Samoda | Editor: Afif Zaki Mukhlison

TADRISIPSIAINPONOROGO, PONOROGO – Dalam Rangka meningkatkan intelektual masyarakat secara khusus untuk pelajar dan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris IPS IAIN Ponorogo mengadakan kegiatan Webinar Nasional dengan tema Meningkatkan Kemampuan Kreatif, Inovatif, dan Progresif dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Sosial, Sabtu (19/12/2020).

Sasaran kegiatan ini adalah para pelajar dan mahasiswa. Yang mana bisa dilihat partisipan yang berbartisipasi adalah mayoritas dari berbagai mahasiswa di perguran tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada, IAIN Samarinda, IAIN Tanjung Pura, hingga Universitas Tadulako. Adapun rangkaian kegiatan inti berlangsung selama kurang lebih dua jam setengah dimulai dari pukul 08.40 WIB hingga pukul 11.10 WIB. Acara ini dilaksanakan dengan maksud untuk meningkatkan dan mengembangkan daya pikir generasi muda terutama pelajar dan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di zaman yang serba teknologi sekarang ini.

Dalam kegiatan Webinar Nasional ini dihadirkan dua narasumber utama beserta satu keynote speaker. Webinar Nasional ini dibuka sekaligus sebagai pengantar materi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ahmadi, M. Ag. selaku keynote speaker pada kegiatan kali ini. Selanjutya, disambung oleh penyajian materi pertama disampaikan oleh Bapak Dr. Sugeng Bayu Wahyono yang menyampaikan materi tentang pentingnya teknologi dalam pendidikan. Uniknya dalam sela-sela materi oleh Bapak Sugeng (yang akrab dipanggilnya), ada praktek langsung dari penggunaan  aplikasi Zotero oleh bapak Ariawan Agung, S.Kom, M.Pd. yang berguna untuk mengelola sumber-sumber referensi yang dimiliki sebagai acuan dalam penulisan rujukan. Disambung terakhir oleh salah satunya perempuan dalam kegiatan ini ialah Ibu Nur Isroatul Khusna, M. Pd. yang diamanahi untuk menyampaikan materi tentang pendidikan sosial mulai dari pengertian, fungsi, peran, hingga tantangan di era society 5.0.

Kegiatan ini dilakukan secara online yaitu menggunakan media zoom dan youtube yang diikuti kurang lebih 200 peserta. Walaupun dilakukan secara daring, tetapi tidak mengurangi antusiasme dan nuansa ilmiah yang tercipta dari pemaparan materi dari pemateri.(*)

#IAINPONOROGO

#TADRISIPSIAINPONNOROGO

#HMJTADRISIPSIAIPONOROGO