HMJ TADRIS IPS IAIN PONOROGO MENGABDI DI DESA JURUG SOOKO PONOROGO

TADRIS IPS IAIN PONOROGO, PONOROGO – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) T.IPS IAIN Ponorogo memiliki komitmen untuk selalu bersinergi dalam masyarakat serta berkontribusi langsung dalam pembangunan bangsa. Salah satu program kerja yang di lakukan untuk mendukung hal tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang di selenggaralan oleh HMJ T.IPS dengan membawa sebuah tema “Mempererat Kepedulian Sosial Melalui Optimalisasi Pendidikan Dalam Lingkar Masyakat” yang di lakukan secara langsung oleh para anggota HMJ IPS.

Kegiatan IPS Mengabdi ini dilaksanakan pada tanggal 13-15 Desember 2022 yang berlokasi di SD 1 Dukuh Plongko, Jurug, Kec. Sooko, Kab. Ponorogo Jawa Timur dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan IPS MENGABDI tepatnya pada hari Selasa, 13 Desember 2022, kegiatan diawali dengan opening yang dipimpin oleh Khotami Titik Rahayu sebagai Mc, kemudian sambutan yang dilakukan oleh M. Rifa’i sebagai ketua pelaksana IPS Mengabdi, di lanjutkan oleh Fauly Awina Rofida sebagai ketua HMJ T. IPS, dan sambutan terakhir di berikan oleh Ibu Kepala Sekolah SD 1 Jurug Sooko yaitu Ibu Jematun S. Pd. Sd. Beliau menyampaikan bahwa “kami sangat terbuka untuk membantu adek-adek mahasiswa dalam melaksanakan program kerja ini, dan kami terbantu atas pendidikan yang nantinya akan di berikan oleh para mahasiswa kepada siswa-siswi yang ada di sini, karena saat ini kami juga sedang kekurangan pengajar di karenakan banyak yang sudah pensiun”.

Rangkaian kegiatan pada acara hari pertama setelah opening adalah Pendidikan yang dilakukan di SD 1 Jurug, kemudian Bakti Sosial yaitu dengan memberikan sedikit bantuan berupa sembako yang di berikan kepada penduduk sekitar yang terdampak bencana tanah longsor di desa Jurug serta masyarakat yang kurang mampu. Kegiatan terakhir adalah Khataman Al-Qur’an yang di lakukan oleh anggota HMJ. Kegiatan pada hari ke 2 tepatnya pada hari Rabu, 14 Desember 2022 yaitu Pendidikan dan Penyuluhan Mitigasi Bencana yang dilakukan di Balai Desa Jurug dan di hadiri oleh Bapak Gemilang Aditya Madhana, A. Md. Kep, dari Relawan Bencana RAKAJIWA sebagai pemateri. Kemudian rangkaian kegiatan pada pada hari terakhir tepatnya pada hari Kamis, 15 Desember 2022 yaitu Senam dan Outbound yang dilakukan di lapangan depan serta samping SD 1 Jurug, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata kepada pihak sekolah sekaligus foto bersama.