Seminar Isu Sosial dalam rangka Social Creativition Festival (SOCRATES) II HMJ Tadris IPS

TADRIS IPS IAIN PONOROGO, PONOROGO – Di dalam serangkaian acara Social Creativition Festival II (SOCRATES II) Se-Eks Karesidenan Madiun, yang diadakan oleh HMJ Tadris IPS periode 2022/2023 terdapat beberapa rangkaian acara salah satunya adalah mengadakan Seminar Isu Sosial dengan tema “Cerdas Bersosial Di Era Digital” sebagai puncak acara.

Seminar isu sosial dilaksanakan hari ke 2 dalam kegiatan SOCRATES II, tepatnya pada hari Minggu tanggal 13 November 2022 pukul 13.00-15.00 WIB yang bertempat di Ma’had putri lantai 2 IAIN Ponorogo dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Acara ini diikuti oleh Mahasiswa Aktif Se-Eks Karesidenan Madiun yang sebelumnya telah mendaftarkan diri secara online. Adapun pemateri dari kegiatan seminar adalah KABID Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo Ibu Aida Fitriana Miyasari, S.Pi, MP dan pemateri kedua yaitu Ibu Hj. Arita Nurdhiany, S.E. dan saudara Aji Khamdan dari anggota PSDM HMJ Tadris IPS 2022 sebagai moderator.

Kemudian dalam kegiatan seminar ini, pemateri menyampaikan materi terkait etika bersosial, kasus cyber bullying dan juga penerapan etika sosial di era digital, selain itu pemateri juga membahas beberapa isu sosial seperti pelecehan seksual dan kasus pernikahan dini yang saat ini banyak terjadi di masyarakat. Setelah penyampaian materi selesai pemateri membuka sesi tanya jawab dengan tiga orang peserta turut aktif memberikan pertanyaan kepada pemateri. Materi pada seminar ini adalah “Etika Sosial Di Era Digital” yang disampaikan oleh ibu Fitriana Miyasari dan “Bijak Bermedia Sosial” yang disampaikan oleh ibu Arita Nurdhiany. Setelah penyampaian materi, seminar dilanjut dengan sesi tanya jawab yang dijawab langsung oleh pemteri.

Dengan diadakannya seminar isu sosial ini diharapkan peserta seminar dapat lebih bijak dan beretika dalam bermedia sosial. Karena apabila seseorang menggunakan media sosialnya dengan penerapan etika yang baik, maka beragam informasi yang disajikannya juga akan bernilai baik.