HMJ T.IPS IAIN PONOROGO SELENGGARAKAN PELATIHAN GUNA MENGASAH SOFTSKILL MAHASISWA

TADRIS IPS IAIN PONOROGO, PONOROGO – Di dalam serangkaian acara Social Creativition Festival II (SOCRATES II) Se-Eks Karesidenan Madiun, yang diadakan oleh HMJ Tadris IPS periode 2022/2023 terdapat beberapa rangkaian acara pelatihan, yaitu Pelatihan Public Speaking, Pelatihan Desain Grafis dan Pelatihan Kepenulisan dengan tema “Penguatan literasi digital menuju era society 5.0”. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wadah bagi para mahasiswa untuk mengembangkan soft skillnya dalam beberapa bidang tersebut.

Beberapa pelatihan tersebut dilaksanakan pada hari ke 2 dalam kegiatan SOCRATES II, tepatnya pada hari Minggu tanggal 13 November 2022 pukul 08.00-12.00 WIB yang bertempat di Ma’had putri lantai 2 IAIN Ponorogo dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pelatihan Public Speaking dihadiri oleh peserta sebanyak 30 orang dengan dihadiri oleh Dr. Mambaul Ngadimah, M.Ag, selaku pemateri dalam acara Pelatihan Public Speaking ini, serta didampingi oleh Aji Khamdan sebagai moderator. Materi yang dibahas dalam pelatihan ini adalah memahami arti Public Speaking, dasar-dasar yang dilakukan dalam melakukan Publick Speaking, cara melatih percaya diri didepan umum, serta pengelolaan kalimat yang jelas, lugas, dan mudah dipamahami.

Pelatihan Desain Grafis dihadiri oleh peserta sebanyak 18 orang dengan dihadiri oleh  Ahmad Tegar Prabangkara A. Md. T. Selaku pemateri dari Desainer Insan Genre Ponorogo, Medical Skill Solution Clinics Care. Materi yang dibahas dalam pelatihan ini adalah memahami desain grafis, basic tentang desain, tujuan desain, elemen desain, prinsip desain dan peluang pekerjaan desain grafis. Serta didampingi oleh Yusuf Andrian sebagai moderator.

Pelatihan Kepenulisan dihadiri oleh peserta sebanyak 20 orang dengan peminat penulis yang baik dan dihadiri oleh Ibu Lutfhiana Dwi Mayasari, M. H., M.Si, selaku pemateri dalam acara Pelatihan Kepenulisan yang memberikan materi tentang langkah-langkah kepenulisan yang baik dan benar, aspek apa saja yang dibutuhkan dalam pengelolaan kata, serta cara merangsang kreativitas kinerja otak agar bisa menyusun kalimat yang menarik untuk pembaca, serta didampingi oleh Oknita Annisa Isnainia sebagai moderator. Selain adanya pemateri, dan moderator dalam menjalankan kegiatan pelatihan ini panitia juga di bantu oleh pihak DEMA F (Dewan Eksekutif Mahasiswa) yang beranggotakan masing-masing 2 orang dalam setiap pelatihan sebagai fasilitator untuk mempermudah peserta saat proses penyampaian materi.