Demi Pengembangan Soft Skill Lulusan, HMJ IPS Adakan Diskusi Jurusan

Kegiatan Diskusi Jurusan HMJ Tadris IPS IAIN Ponorogo. (Foto: Diah Ayu NFN)

Pewarta: Ahmad Nur Rokhim | Editor: Afif Zaki Mukhlishon

TADRISIPSIAINPONOROGO, PONOROGO – Dalam Rangka peningkatan soft skill mahasiswa Tadris IPS, himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) Tadris IPS IAIN Ponorogo mengadakan kegiatan Diskusi Jurusan via aplikasi zoom, Sabtu (14/11/2020).

Kegiatan kali ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan soft skill mahasiswa untuk mempersiapkan menjadi lulusan yang profesional, kompetitif, dan berintegritas spiritual. Sebagaimana diketahui bahwa mahasiswa merupakan agen perubahan yang nantinya akan banyak bersentuhan dengan permasalahan dalam masyarakat, utamanya saat ini tentang ekonomi dan pendidikan. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana pengembangan pengetahuan tentang soft skill yang akan berguna dimasa yang akan datang.

Pemateri dalam kegiatan ini Risma Dwi Arisona, mengatakan bahwa softskill itu sangat penting sekali dimiliki khususnya mahasiswa, “mengingat banyaknya lulusan dari universitas yang hanya sekedar mengejar IPK belaka sehingga tidak dapat apapun ketika benar-benar terjun kedalam masyarakat dan menghadapi problem yg ada, maka dari itu soft skill sangat berperan dalam kehidupan seorang mahasiswa,” Ujarnya.

Soft skill merupakan salah satu faktor yg sangat penting dimiliki oleh setiap generasi muda. Soft skill perlu dikembangkan sejak dini karena tuntutan zaman saat ini yang begitu beragam selain itu banyaknya pengangguran dari kalangan terdidik membuat kondisi negeri saat ini sangat memprihatinkan.

“Soft skill sangat penting untuk mahasiswa karena kemampuan mahasiswa 90% nya adalah soft skill sedangkan 10% nya adalah hardskill,” Tegasnya.

Tujuan dari adanya kegiatan diskusi jurusan ini adalah agar mahasiswa bisa mulai melatih diri untuk mengasah soft skill yang dimiliki dan bagi yang belum punya harus dilatih dan dicari. “Adapun harapan dari adanya kegiatan hari ini yaitu dapat memberikan semangat serta wawasan agar mahasiswa IPS mampu menjadi lulusan yang profesional, kompetitif, dan berintegritas spiritual,” Imbuhnya.

#IAINPONOROGO

#TADRISIPSIAINPONNOROGO

#HMJTADRISIPSIAIPONOROGO