INTREGATION COLLECTIVE COLLEGIAL 2020 : “MENUMBUHKAN GENERASI IPS BERJIWA SOSIAL, TANGGUH, BERAKHLAK RELIGIUS, DAN BERPIKIR JENIUS”

Tepat pada tanggal 31 Oktober 2020, Himpunan Mahasiswa jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Ponorogo mengadakan kegiatan ICC ( Intregation Collective Collegial). Diadakan di Laboratorium Komputer IAIN Ponorogo. Namun yang berada di sini hanyalah panitianya saja, mengingat adanya larangan dari pemerintah untuk tidak mengumpulkan masa. Maka pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Ponorogo mengadakan kegiatan secara online. Tujuan diadakannya ICC ini untuk memperkenalkan seluk beluk jurusan Tadris IPS kepada mahasiswa baru, untuk meningkatkan keakraban dan komunikasi antar sesama warga IPS dan juga menjalin kerjasama dengan baik.

Kepala Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Bapak Muhammad Widda Djuhan, S. Ag., M. Si.

Sekitar 93 mahasiswa baru kali ini mengikuti kegiatan online melalui Zoom Meeting serta live streaming YouTube Tadris IPS IAIN Ponorogo. Hari pertama ICC diisi oleh pemateri yang tidak lain adalah dosen-dosen dari jurusan Tadris IPS sendiri. seperti bapak kepala jurusan, Bapak Muhammad Widda Djuhan, S. Ag., M. Si. beliau menyampaikan materi mengenai pengenalan jurusan, disambung oleh ibu sekretaris jurusan yaitu Ibu Risma Dwi Arisona, M. Pd. Beliau menyampaikan materi mengenai kompetensi, fasilitas, dan juga kurikulum dari jurusan Tadris IPS, seperti kompetensi utamanya yaitu, guru pendidikan yang mengajar di IPS terpadu. Selanjutnya pemaparan mengenai jurnal IPS yang disampaikan oleh Ibu Nastiti Mufida, M. Pd. jurnal IPS ini dinamakan Jurnal ASANKA, mengapa demikian? Memilih nama ASANKA karena alasan kau berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ide atau gagasan. Sesuai namanya yang berarti jurnal tersebut sebagai wadah yang berisi pengetahuan-pengetahuan umum. Setelah itu  masih ada Ibu Rully Prasetyawati, M. Pd., beliau menyampaikan materi  mengenai manajemen organisasi dan juga Bapak Dr. Muhammad Syafiq Humaisi, M. Pd.  yang turut mengisi acara ini, beliau menyampaikan mengenai akhlak religius dalam pemikiran sosial.aming YouTube Tadris IPS IAN Ponorogo. Hari pertama ICC diisi oleh pemateri yang tidak lain adalah dosen-dosen dari jurusan Tadris IPS itu sendiri. seperti bapak kepala jurusan, Bapak Muhammad Widda Djuhan, S. Ag., M.Si. beliau menyampaikan materi mengenai perkenalan jurusan, disambung oleh ibu sekretaris jurusan yaitu Ibu Risma Dwi Arisona, M. Pd. Beliau menyampaikan materi mengenai kompetensi, dan juga kurikulum dari jurusan Tadris IPS, seperti kompetensi utama yaitu, guru pendidikan yang mengajar di IPS terpadu. Selanjutnya pemaparan mengenai jurnal IPS yang disampaikan oleh Ibu Nastiti Mufida, M. Pd. jurnal IPS ini dinamakan Jurnal ASANKA, mengapa demikian? Memilih nama ASANKA karena alasan kau berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ide atau gagasan. Sesuai nama yang berarti jurnal tersebut sebagai wadah yang berisi pengetahuan-pengetahuan umum. Setelah itu masih ada Ibu Rully Prasetyawati, M.Pd., Beliau menyampaikan materi mengenai manajemen organisasi dan juga Bapak Dr. Muhammad Syafiq Humaisi, M. Pd. yang turut mengisi acara ini, beliau menyampaikan mengenai akhlak religius dalam pemikiran sosial.

Dilanjut hari kedua ICC acaranya tidak kalah seru materi kali ini disampaikan oleh kak Indah Sugeng Nur Sholihah dan dilanjut penanyangan video  tiktok dari mahasiswa baru yang cukup menghibur mereka, selanjutnya pengenalan pengurus HMJ Tadris IPS periode 2020/2021 mungkin ini menjadi hal yang paling di tunggu-tunggu oleh mahasiswa baru. Sampai di acara terakhir yaitu FGD (Forum Grup Discusion), yang di di dampingi  oleh kakak-kakak tingkat yang sekarang duduk di semester lima. Alhamdulillah acara ICC berjalan dengan lancar mulai dari awal hingga akhir acara dan semoga acara ini bermanfaat untuk bermanfaat bagi kita untuk saling menjaga kekompakan, meningkatkan kerjasama dan tentunya menjalin keakraban yang lebih erat.

#IAINPONOROGO

#TADRISIPSIAINPONNOROGO

#HMJTADRISIPSIAIPONOROGO